4.992 Personel Polri Disiagakan Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu di KPU

Hendra Mulya - Senin, 18 Maret 2024 15:45 WIB
4.992 Personel Polri Disiagakan Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu di KPU
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Polri siap mengawal tahapan pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ribuan personel kepolisian telah diterjunkan untuk bersiaga di sekitar Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan juga dengan stakeholder dan juga terdiri satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Kantor KPU, Senin (18/3/24) siang.

Trunoyudo mengakui mengenai adanya aksi unjuk rasa di masyarakat menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024. Dia mengimbau masyarakat yang hendak menyampaikan pendapat sesuai aturan yang ada.

"Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan, namun demikian secara hukum diatur, secara undang-undang diatur," jelasnya.

"Maka Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan karena salah satu daripada kehidupan bermasyarakat dalam mengungkapkan pendapat, tentu Polri akan mengamankan sebagaimana koridor pada aturan undang-undang yang berlaku," tambahnya.

Terpisah, Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Fadil Imran menuturkan bahwa pengaman rekapitulasi nasional merupakan wujud dan komitmen Polri dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024. Karena itu, dia mengaku pihaknya telah menyiapkan rencana detail saat pengumuman hasil resmi oleh KPU.

"Dalam rapat kita sudah membangun tiga simulasi, tentu kalau situasinya landai normal tetap kita akan berlakukan situasi normal. Tapi kalau ada manakala ada peningkatan eskalasi tentu akan terjadi penambahan-penambahan personel dengan mengedepankan tindakan-tindakan preemtif dan preventif," ungkapnya.

Diketahui, batas akhir pengumuman penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 ialah pada Rabu, 20 Maret 2024 mendatang. Fadil menyebut, pihaknya telah mengantisipasi dan menyiapkan langkah persuasif, edukatif dalam pengamanan.

"Ruang-ruang untuk menyampaikan pendapat seperti yang disampaikan Kapolri jika ada yang ingin menyampaikan pendapat , ada yang protes silakan sepanjang tidak anarkis, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik," imbuhnya.

Kabaharkam Polri itu lantas merinci sejumlah titik krusial pengamanan yang akan dilakukan. Namun dia enggan merinci jumlah personel yang diterjunkan di setiap titiknya.

"Titik pengamanan tentu sama seperti tahun sebelumnya di penyelenggara Pemilu ada KPU, Bawaslu, DKPP dan tentunya terkait dengan sengketa pemilu kita akan mengamankan MK dan manakala ada masyarakat yang ke rumah rakyat DPRI RI juga akan kita siapkan pengamanan," pungkasnya.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru