14.000 Anak di Indonesia Terinfeksi HIV

- Sabtu, 13 Mei 2023 15:00 WIB
14.000 Anak di Indonesia Terinfeksi HIV
Istimewa
HIV

bulat.co.id - Kementerian Kesehatan menyebut banyak anak yang terkena penyakit menular seksual. Bahkan, ada juga bayi usia 0-1 tahun yang harus menyandang status sebagai pasien HIV Positif seumur hidup.

Juru bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril mengatakan secara kumulatif total ada 14.000 anak terinfeksi HIV. Rentang usia mereka mulai dari 1 hingga 14 tahun.

"Total jumlah kumulatifnya ada 14 ribu yang positif HIV. Artinya ini akan memengaruhi kualitas hidup mereka ke depan, masa depan anak-anak ini," kata Syahril dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Senin (8/5/23), dilansir dari CNN Indonesia.

Baca Juga: HIV Dari Suami Mereka">33 Persen Ibu Rumah Tangga Positif HIV Dari Suami Mereka

Syahril tidak merinci per tahun berapa jumlah kasus yang terdata tersebut. Namun menurut dia, angka tersebut akan terus bertambah. Mengingat jumlah kasus HIV pada orang dewasa juga mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dia juga menyebut, penular HIV pada anak, terutama bayi adalah orang tua, khususnya ibu. Penularan bisa terjadi saat bayi dalam kandungan, selama proses melahirkan atau menyusui.

Jika banyak ibu yang tertular HIV, maka kemungkinan besar saat melahirkan anaknya juga akan terpapar HIV. Kecuali jika mereka berusaha mengobatinya dengan rutin menjalani pengobatan.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru