Turun Dalam, Harga Cabai Merah Sentuh 25 Ribu Per Kg

Dedi S - Kamis, 11 Juli 2024 17:00 WIB
Turun Dalam, Harga Cabai Merah Sentuh 25 Ribu Per Kg
Relis
Harga cabai
bulat.co.id -MEDAN I Harga cabai merah mengalami penurunan yang cukup tajam di pekan ini. Terbaru, harga cabai merah ditransaksikan paling murah di level 25 ribu per Kg.

Dan rentang harga cabai merah pada hari ini berkisar 25 ribu hingga 37 ribu per Kg. Penurunan harga cabai merah sejauh ini lebih dikarenakan oleh sisi pasokan (supply) yang mulai mengalami peningkatan.

Sementara dari sisi demand atau konsumsi, diperkirakan akan mengalami kenaikan pada pekan depan saat dimulainya tahun ajaran baru sekolah. Berdasarkan pemantauan PIHPS kota medan, harga cabai merah ditransaksikan rata-rata 35.600 per Kg. Turun dari posisi awal pekan yang berada di level 41 ribu per Kg nya.

Hal yang hampir sama juga terjadi pada cabai rawit hijau. Harga cabai rawit mengacu kepada PIHPS kota medan, rata-rata ditransaksikan 36.100 per Kg, lebih rendah dibandingkan dengan harga di awal pekan 39.300 per Kg nya.

Penurunan komoditas cabai ini mengekor penurunan harga bawang merah dan daging ayam, yang saat ini berada dalam rentang 22 hingga 30 ribu per Kg serta 21 hingga 28 ribu per Kg.

Selanjutnya, harga ikan tongkol juga kembali turun di kisaran 13 ribu per Kg. Harga daging ayam sekalipun telah menyumbang deflasi terbesar Sumut pada bulan Juni, justru masih berpeluang menyumbang deflasi lagi di bulan juli.

Namun deflasi yang paling besar pada Juli kemungkinan akan lebih banyak didorong oleh penurunan harga cabai merah, bawang merah, daging ayam, dan cabai rawit.

Sementara wacana kenaikan harga minyak goreng subsidi (miyakita), berpeluang akan mendorong terciptanya laju tekanan inflasi di bulan Juli.

Sejauh ini berdasarkan hitungan saya, sekalipun minyak subsidi diwacanakan naik 15.700 per liter dari 14 ribu per liter sebelumnya. Namun diproyeksikan harga minyak goreng curah relatif tidak akan terpengaruh dengan kebijakan tersebut.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru