Minyak Goreng di Berbagai Wilayah Indonesia Berada di Atas HET

- Selasa, 31 Januari 2023 11:11 WIB
Minyak Goreng di Berbagai Wilayah Indonesia Berada di Atas HET
Istimewa
Diskusi Forum Jurnalis terkait harga minyak goreng yang berada di atas HET di berbagai wilayah Indonesia, Senin (30/1/2023).

bulat.co.id -Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan harga minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan sederhana Minyakita di hampir seluruh wilayah Indonesia berada di atas harga eceran tertinggi (HET). Bahkan di berbagai wilayah seperti Surabaya, Balikpapan, dan Yogyakarta.


Kemudian, ditemukan adanya berbagai dugaan perilaku penjualan bersyarat atau tying-in dalam penjualan Minyakita. Hal ini disampaikan Direktur Ekonomi Mulyawan Ranamanggala dan para Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) KPPU di berbagai provinsi dalam diskusi Forum Jurnalis yang diselenggarakan secara daring dan hybrid di Kantor Pusat KPPU Jakarta, Senin (30/1/2023).

Baca Juga:Minyak Goreng Naik, Harga Pangan Lain Turun">Harga Minyak Goreng Naik, Harga Pangan Lain Turun

"KPPU secara inisiatif melakukan penelitian atau survei terhadap penjualan dan distribusi minyak goreng curah dan Minyakita, menyikapi berbagai informasi yang beredar di publik tentang kelangkaan minyak goreng tersebut," kata Mulyawan.

ia menambahkan, sebagaimana diketahui, Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah melalui Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 49/2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Rakyat. Peraturan yang dikeluarkan dengan tujuan menjaga stabilitas dan harga minyak goreng curah di tingkat konsumen tersebut menetapkan bahwa HET minyak goreng curah adalah Rp14.000 per liter atau Rp15.500 perkilogram.

Penulis
:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru