Jokowi Dapat Laporan Peredaran Uang di Indonesia Makin Kering, Cek Faktanya?

Hendra Mulya - Kamis, 30 November 2023 13:15 WIB
Jokowi Dapat Laporan Peredaran Uang di Indonesia Makin Kering, Cek Faktanya?
Istimewa
Presiden Jokowi

bulat.co.id -JAKARTA | Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan laporan mengenai peredaran uang di Indonesia semakin kering. Laporan ini diungkapkan Jokowi usai mendengarkan keluhan dari pelaku usaha terkait makin sedikitnya peredaran uang di Indonesia.

"Saya mendengar dari banyak pelaku-pelaku usaha ini kelihatannya kok peredaran uangnya makin kering di pelaku usaha," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu 29 November 2023 malam.

Jokowi menduga bahwa keringnya peredaran uang di Indonesia disebabkan lantaran banyak yang membeli Surat Berharga Negara (SBN), Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

"Sehingga yang masuk ke sektor riil menjadi berkurang," ujar Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menyebutkan bahwa realisasi belanja baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masih sedikit. Padahal dalam hitungan minggu sudah pergantian tahun.

"Dan juga dari fiskalnya juga sama kita cek, realisasi belanja pemerintah daerah, ini kalau ada gubernur, bupati dan walikota, realisasi belanja pemerintah daerah, padahal tinggal tiga minggu, itu masih di angka 64%. Pemerintah pusat juga masih di angka 76%," katanya.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru