Harga Beras Disebut Jokowi Sudah Turun, Netizen: Iya Turun Pak, Turun dari Truk

Hadi Iswanto - Kamis, 29 Februari 2024 21:40 WIB
bulat.co.id - Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi menyebut harga beras sudah turun ketika ditanya wartawan kemarin. Tapi kenyataannya, di semua daerah harga masih melambung tinggi.Tanggapan Jokowi terungkap aaat menjawab pertanyaan wartawan ketika usai memberikan tanda bintang empat kepada Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

"Pak harga beras? (naik)" tanya wartawan dalam video yang diunggap akun X (Twitter) @MataNajwa, Kamis (29/2/2024).

"Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu (harga naik) lho ya," balas Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat untuk mengecek dulu di Pasar Induk Cipinang dan juga Pasar Johar yang terbesar di Karawang Jawa Barat.

"Itu yang, pasar-pasar beras itu harus dicek. Coba kalian datang ke Pasar Cipinang, cek harganya turun atau naik, cek, sudah turun," kata Jokowi yakin.

Jokowi juga mengaku sudah mengecek tiap hari harga beras yang akhir-akhir ini dilaporkan naik. Mendekati Ramadan, Jokowi mengaku mendapati harga beras sudah berangsur normal.

Unggahan video Jokowi yang menyebut sudah ada penurunan harga, mendapat tanggapan dari netizen.

Tak sedikit yang menyebutkan bahwa memang di wilayah dan pasar besar harga beras sudah turun. Tapi di wilayah lain, harganya tak banyak berubah.

"Suruh orang yang cek, kita di timur, beras satu kilogram sudah tembus Rp18 ribu. Masih mau cek apa," ujar salah satu netizen kesal.

"Lapor beras sudah turun, turun dari truk," kata netizen lain menyindir.

Harga beras di beberapa wilayah memang dilaporkan berbeda-beda jumlahnya. Seperti di DIY sendiri, harga beras untuk kelas premium masih di angka Rp14 ribu per kilo.

Jumlah tersebut memang sudah tercatat turun dibanding pada pertengahan Februari lalu yang mencapai Rp16ribu.

Naiknya harga beras untuk beberapa wilayah juga terjadi dengan faktor yang berbeda-beda, di Jogja sendiri jumlah ekspor beras ke wilayah lain lebih banyak dilakukan sehingga stok di Jogja sendiri sedikit, dan menyebabkan harga naik.

Namun di wilayah Klaten Jawa Tengah misalnya, cuaca hujan, justru menjadi salah satu faktornya yang menyebabkan beberapa sawah petani tak maksimal ketika panen padi.

Meski begitu, pemerintah mengusahakan harga beras menuju Ramadan nanti sudah kembali stabil.

Namun untuk berharap turun di angka seperti sedia kala yakni Rp11 ribu per kilo, hal itu masih tak bisa dipastikan.

Penulis
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru