Harga Bahan Pokok di Kota Piru Relatif Aman, Manan : Harga Bawang Putih Naik

Hendra Mulya - Kamis, 23 Maret 2023 08:30 WIB
Harga Bahan Pokok di Kota Piru Relatif Aman, Manan : Harga Bawang Putih Naik
Kadis Badan Ketahanan Pangan Seram Bagian Barat, Maluku, Manan Tuarita.
bulat.co.id -Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, melalui Badan Ketahanan Pangan telah lakukan pengecekan ketersediaan dan harga barang pokok di bulan Puasa Ramadhan.

Pengecekan dan pemantauan ketersediaan dan harga 11 bahan pokok oleh Badan Ketahanan pangan dilakukan di pasar tradisional Kota Piru, pasar Ikan Pelabuhan Perikanan Piru serta gudang pertokoan di Kota Piru.

Sebelas bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, garam, daging, susu, telur, cabai dan tepung terigu tetap terjamin baik harga maupun ketersediannya saat bulan puasa.

"Harga bahan pokok relatif aman tidak mengalami lonjakan harga, hanya bawang putih yang sedikit mengalami kenaikan harga diantara 11 bahan pokok tersebut. Kenaikan itu diakibatkan stok yang menepis. Untuk ketersediaan bahan pokok tetap terjamin," ujar Kepala Ketahanan Pangan SBB, Manan Tuarita, S.Sos kepada bulat.co.id, Rabu (22/3/23).

"Kita sudah melakukan tugas pertama saat menjelang bulan puasa atau hari-hari besar keagamaan dengan melakukan pengecekan harga dan ketersediaan dari 11 bahan pokok. Dari sisi ketersediaan cukup aman untuk satu bulan kedepan dan distribusinya juga lancar," kata Tuarita.

Menyangkut harga, terang Manan masih stabil, tidak ada kenaikan. "Untuk beras harganya tetap stabil, tidak ada kenaikan, stoknya juga aman, cuman bawang putih harga sedikit naik, jadi kita akan berkoordinasi dengan dinas Perindag Provinsi Maluku terkait hal ini," ungkapnya.

Ia menandaskan, akan menekan harga bahan pokok agar tetap stabil serta menjamin ketersediaan bahan pokok aman pada bulan puasa.

"Kita tetap menekan harga, dan kita tetap menjamin ketersediaan bahan pokok tetap aman untuk bulan puasa dan tidak mengganggu inflasi kita," tutup mantan Kepala BKPSDM SBB ini.

(Suneth)

Penulis
: Redaksi
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru