Dalam Sepekan, Harga Komoditas Pangan Stabil Cenderung Turun

Dedi S - Minggu, 25 Agustus 2024 18:30 WIB
Dalam Sepekan, Harga Komoditas Pangan Stabil Cenderung Turun
torto.id
Harga kebutuhan pokok pada perdagangan akhir pekan ini terpantau relatif stabil di wilayah Sumatra Utara.
bulat.co.id -MEDAN I Harga kebutuhan pokok pada perdagangan akhir pekan ini terpantau relatif stabil di wilayah Sumatra Utara. Walaupun ditemukan beberapa perbedaan harga yang cukup signifikan di beberapa daerah.

Dalam hal ini, harga cabai merah di wilayah Deli Serdang terpantau mengalami kenaikan signifikan dari kisaran 29 ribu per kilogram pada hari Sabtu, menjadi 34 ribu per kilogram pada perdagangan akhir pekan. Sementara itu, harga cabai merah untuk wilayah Kota Medan dan sekitarnya dijual dalam kisaran harga 24 hingga 30 ribu per kilogram.

Meskipun begitu, secara keseluruhan, harga cabai merah pada akhir pekan ini terpantau lebih rendah dibandingkan dengan harga di sepekan sebelumnya. Terdapat penurunan harga sekitar 4 ribu hingga 7 ribu per kilogram untuk komoditas cabai merah.

Demikian halnya dengan harga cabai rawit, yang ditransaksikan dalam kisaran 48 ribu hingga 52 ribu per kilogram. Harga cabai rawit terpantau lebih murah sekitar 4 sampai 5 ribu per kilogram pada akhir pekan ini dibandingkan dengan sepekan sebelumnya.


Sementara itu, harga daging ayam mengalami kenaikan tipis sekitar 1.000 hingga 2.000 per kilogram pada akhir pekan ini, dibandingkan dengan harga di akhir pekan sebelumnya. Harga daging ayam di wilayah Deli Serdang terpantau pada kisaran 26 hingga 29 ribu per kilogram, sedangkan di Kota Medan terpantau pada kisaran 25 hingga 28 ribu per kilogram.

Adapun harga bawang merah terpantau mengalami kenaikan sedikit sekitar 2 ribu per kilogram. Harga bawang merah di wilayah Deli Serdang dijual dalam rentang 18 hingga 26 ribu per kilogram, sementara pada akhir pekan sebelumnya sempat menyentuh angka 16 ribu per kilogram, yang merupakan harga paling murah di Deli Serdang. Bahkan, ada yang menjual hingga 14 ribu per kilogram di Kabupaten Langkat.

Meskipun terdapat beberapa perubahan harga pada beberapa komoditas pangan, kebanyakan harga kebutuhan pokok strategis masyarakat lainnya tetap stabil seperti bawang putih, minyak goreng, beras, gula pasir, dan daging sapi.

Namun, harga telur ayam terpantau naik sekitar 100 per butir, meskipun tidak serentak naik di antara pedagang.

Dari pergerakan harga selama sepekan terakhir, terlihat bahwa harga selalu relatif stabil dengan kecenderungan turun.

Maka, pada pekan depan, harga juga berpeluang memiliki kecenderungan yang sama yang cenderung turun, seperti harga komoditas cabai dan kemungkinan harga daging ayam.

Penulis
: Redaksi
Editor
: Dedi S
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru