Presiden Jokowi Resmikan Gereja Katedral Keuskupang Agung Kupang

Hadi Iswanto - Rabu, 06 Desember 2023 20:30 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Gereja Katedral Keuskupang Agung Kupang
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Gereja Katedral Kristus Raja Keuskupan Agung Kupang pada hari ini Rabu 6 Desember 2023.
bulat.co.id -Presiden RI Joko Widodo meresmikan Gereja Katedral Kristus Raja Keuskupan Agung Kupang pada hari ini Rabu 6 Desember 2023.

Pada acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi Manteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Ketua DPRD Provinsi NTT Emilia Nomleni, Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Sekretaris Daerah Provinsi NTT Kosmas Lana, dan juga Penjabat Walikota Kupang Fahrensy Funay.

Peresmian Gereja Katedral ini merupakan bagian terakhir dari rangkaian kegiatan Kunjungan Presiden di Kota Kupang.

Pada acara tersebut, Presiden Jokowi juga menandatangani Prasasti peresmian Gereja Katedral. Ia mengaku kagum dengan kemegahan gereja tersebut.

"Hari ini kita bersama-sama melihat wajah baru Gereja Katedral Kristus Raja Kota Kupang yang megah, yang indah, yang tertata rapi. Tadi pada saat saya masuk ke dalam, saya betul-betul terkagum-kagum," tuturnya.

Jokowi menyebut interior Gereja Katedral sangat bagus dan indah sekali.

Renovasi Gereja Katedral ini, dilakukan secara menyeluruh dengan membangun gedung Gereja yang lebih luas dari bangunan sebelumnya dan dilengkapi dengan pembangunan sekretariat paroki, lonceng, ruang panel dan genset.

"Gereja Katedral ini sejak berdiri belum pernah direhabilitasi. Dan juga akibat terjangan badai seroja yang melanda kota kupang, maka dengan anggaran dari APBN, Gereja Katedral ini dibangun dan direhabilitasi," ujar Presiden.

Beliau juga berpesan agar gedung gereja berkapasitas 1.500 jemaat ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Sebagai sarana ruang untuk membangun dialog, mempererat persaudaraan, mempererat kerukunan, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Ini juga sebagaimana menandai bahwa Gereja bersejarah ini menjadi bagian dari keberadaan Gereja Katolik di Kota Kupang dan juga membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat," tambah Jokowi.

"Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada siang hari ini saya resmikan Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga Tuhan memberkati," tutup Presiden dalam sambutannya.

Sementara Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang mengungkapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang berkunjung ke Kupang untuk meresmikan Gereja Katedral tersebut.

"Kami sangat senang karena ini juga menjelang perayaan Natal tahun 2023 dan kami bisa beribadah dan merayakan natal di gereja ini," kata Mgr. Petrus Turang.

Gereja Katedral direhabilitasi kembali menggunakan anggaran pemerintah pusat setelah terdampak badai seroja beberapa waktu lalu.

Uskup memuji Presiden Jokowi yang menunjukkan hati bijaksana untuk menunjang tersedianya tempat ibadah serta pemulihan kehidupan masyarakat.

"Kami doakan Bapak Presiden senantiasa sehat selalu, tetap semangat. Ada sebuah ungkapan dalam bahasa Latin kepada Bapak Presiden "Per transit bene vaciendo" yang berarti berkeliling sambil berbuat baik," kata Uskup.

Pada kesempatan tersebut, Uskup Turang juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintah daerah yaitu Penjabat Gubernur NTT dan juga Penjabat Walikota Kupang, Pimpinan DPRD dan juga para Pemuka agama yang telah berkontribusi dalam mendukung lingkungan yang kondusif bagi keutuhan kerukunan hidup antar umat beragama di Provinsi NTT khususnya di Kota Kupang.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru