Panwascam Gelar Pelantikan dan Pembekalan PKD Se Kecamatan Ruteng

Andy Liany - Minggu, 02 Juni 2024 19:45 WIB
Panwascam Gelar Pelantikan dan Pembekalan PKD Se Kecamatan Ruteng
istimewa
Bawaslu Kabupaten Manggarai Gelar Pelantikan dan Pembekalan PKD Kecamatan Ruteng.

bulat.co.id - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menggelar pelantikan dan pembekalan terhadap Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Kecamatan Ruteng, pada Minggu (2/6/2024).

Sejumlah 19 orang anggota Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang dilantik merupakan anggota panitia pengawas pemilu Kelurahan/Desa Kecamatan Ruteng untuk pemilihan serentak 2024.

19 orang anggota panitia PKD berasal dari 19 Kelurahan/Desa di Kecamatan Ruteng yang dilantik di Aula TK Bunda Maria- Rai merupakan peserta yang sudah mengikuti seleksi administrasi dan wawancara.

Dalam melantik anggota panitia pengawas tersebut, Ketua Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Ruteng, Fransiskus Wandur, S.Pd sampaikan pesan penting.

Ia menegaskan PKD yang dilantik merupakan petugas negara untuk menjadi pengawas.

"PKD dilantik akan menjadi petugas negara dalam konteks menjadi pengawas. Karena itu, wajib menjunjung tinggi integritas dan profesional dalam menjalankan tugas pengawasan di lapangan," ujar Fransiskus.


lebih lanjut, Ketua Panwascam Ruteng itu meminta PKD untuk memperhatikan pentingnya mentalitas.

"Mentalitas bagi seorang pengawas juga sangat penting. Karena kalian merupakan ujung tombak dari lembaga Bawaslu, juga merupakan wajah Bawaslu yang ada di tingkat Desa. Sebagai penegak hukum pemilu, jangan perna takut dalam menghadapi berbagai karakter masyarakat, paslon, dan tim kemenangan yang berbeda-beda," tuturnya.

"Selain itu, PKD juga harus berupaya melakukan pencegahan untuk mengurangi terjadinya pelanggaran pada Pemilihan serentak 2024,"lanjut Ketua Panwascam itu.

Sementara itu, mewakili Bawaslu Kabupaten Manggarai, Kasubag Hukum, Marselinus Tonggo, SH dalam arahannya tegaskan beberapa hal penting.

Sebelumnya, Marsel Tonggo sampaikan ucapaan selamat kepada PKD terlantik.

"Proficiat kepada PKD terlantik, peristiwa hari ini sangatlah bersejarah dalam momentum demokrasi, dimana Anda terpilih untuk menjalankan tugas sebagai Penyelenggara (Pengawasan)," tutur Marsel Tonggo.

"Tentunya hari-hari kedepan banyak tugas dalam menghadapi pemilihan serentak 2024. Sehingga, dalam menjalankan tugas tetap memperhatikan regulasi sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku," ujarna.

Tidak hanya itu, Kasubag Hukum Bawaslu Kabupaten Manggarai itu juga meminta PKD terlantik untuk menjaga integritas.

Lebih lanjut, Ia menyebut PKD terlantik merupakan garda terdepan dalam pengawasan.


"Saudara/i adalah garda terdepan dalam pengawasan, sehingga dibutuhkan kecermatan dan kerja keras dalam memjalankan amanah. Tetap semangat dalam menjalan tugas sebagai Pengawas. Secara berjenjang tetap melaporkan kepada atasan, manakala ada persoalan di desa/kelurahan dalam pelaksanaan tugas pengawasan," pungkas Marsel Tonggo.

Selain Kasubag Hukum Bawaslu Kabupaten Manggarai, Camat kecamatan Ruteng, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ruteng, Bhabinkakamtibms, Babinsa Koramil 1612-01 Ruteng, Rohaniwan Romo Encik, serta undangan lainnya.

Dalam pembekalan anggota panitia PKD terlantik hadir sebagai narasumber Camat Ruteng, Hendrikus Hironimus Sukaria, S.Hut dan Ketua PPK, Yakobus Nasranda.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik, dengan diakhiri arahan dari Ketua Panwascam dan anggotanya.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru