Hari Terakhir Coklit, Ketua Panwascam Ruteng: PKD Harus Terus Lakukan Pengawasan Melekat

Andy Liany - Rabu, 24 Juli 2024 21:35 WIB
Hari Terakhir Coklit, Ketua Panwascam Ruteng: PKD Harus Terus Lakukan Pengawasan Melekat
istimewa
Hari Terakhir Coklit, Ketua Panwascam Ruteng: PKD Harus Terus Lakukan Pengawasan Melekat

bulat.co.id - Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan serentak tahun 2024 yang dilaksanakan sejak tanggal 24 Juni sudah berakhir pada Rabu 24 Juli 2024.

Ketua Pengawas kecamatan (Pamwascam) Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Wandur, S.Pd menyebut Panwascam beserta PKD sudah melakukan tahap pengawasan dan uji petik

"Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan oleh pantarlih, sejak tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024 untuk pemilihan serentak tahun 2024 telah selesai. Panwascam dan jajaran beserta pengawas kelurahan/desa (PKD) se-kecamatan Ruteng sudah melakukan pengawasan melekat maupun uji petik selama proses tersebut," tutur Fransiskus, kepada media bulat.co.id pada Rabu, 24 Juli 2024.

Ketua Panwascam Ruteng juga menjelaskan hal tersebut gencar dilakukan untuk memimimalisir terjadinya pelanggaran.

"Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pelangaran, seperti memastikan pantarlih yang bertugas sudah di SK kan, mendatangi rumah pemilih secara langsung, melakukan coklit dengan bedasarkan dokumen kependudukan (E-KTP, KK, dan biodata pemilih), memastikan pemilih pemula yang tidak terdaftar dalam model A daftar pemilih untuk dicoklit dan memastikan yang tidak memenuhi syarat untuk tidak dicoklit," jelas Ketua Panwascam Ruteng.

Ia juga sampaikan terima kasih kepada PKD yang telah melakukan pengawasan

"Terima kasih untuk semua PKD se- kecamatan Ruteng telah melakukan pengawasan dengan baik selama proses coklit. Pengawasan kita belum berakhir, setelah ini ada kegiatan penyusunan daftar pemilih yang dilakukan oleh PPS di setiap desa. Saya berharap PKD terus melakukan pengawasan melekat. selain itu juga, Panwascam beserta PKD membuka posko aduan kawal hak pilih untuk mengakomodir manakalah masih ada pemilih yang belum dicoklit," tuturnya.

Penulis
: Riki Cowang
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru